Beranda > Cerita > Filosofi Semut

Filosofi Semut


Sumber Asli : milist MTSC

Ada 4 hal yang bisa kita teladani dari filosofi semut:

Filosofi ke-1
SEMUT TIDAK PERNAH MENYERAH

  • Jika langkah mereka terhalang dan Anda berusaha menghentikan langkahnya, maka semut akan mencari jalan yang lain. Bahkan mereka akan terus berbaris beriringan mengikuti langkah pemimpinnya sampai pada tujuannya.
  • Semut akan berjalan naik ke atas, berjalan turun ke bawah dan bahkan berkeliling sampai menemukan jalan.
  • Semut terus berusaha mencari jalan yang lain.

MAKNA:
Jangan pernah menyerah untuk mencari jalan keluar sampai tujuan tercapai.

Filosofi ke-2
SEMUT SELALU BERASUMSI MUSIM DINGIN ADALAH MUSIM PANAS

  • Anda tentunya tahu bahwa tidak ada musim panas selamanya.
  • Maka, semut mengumpulkan makanan mereka untuk di musim dingin pada saat pertengahan musim panas.
  • Anda harus berpikir sedang ‘menikmati keindahan pantai dan matahari’ di saat musim dingin.

MAKNA:
Penting sekali bersikap realistik. Selalu berpikir selangkah lebih maju.

Filosofi ke-3
SEMUT BERPIKIR BAHWA MUSIM PANAS ITU ADALAH MUSIM DINGIN

  • Selama musim dingin, semut memperingatkan diri mereka: “Cuaca seperti ini tidak mungkin selamanya, pasti sebentar lagi kita bisa beraktifitas keluar”
  • Sewaktu cuaca mulai hangat tiba, semut-semut akan keluar.
  • Tapi jika cuaca kembali dingin, mereka kembali ke dalam sarang dan akan keluar lagi bila cuaca hangat.

MAKNA:
Selalu bersikap positif di setiap keadaan.

Filosofi ke-4
LAKUKAN SEMUA YANG MUNGKIN BISA DILAKUKAN

  • Berapa banyak makanan yang semut kumpulkan makanan untuk persiapan di musim dingin?
  • Sebanyak yang mampu mereka dapat kumpulkan. Mereka tidak pernah berhenti mengumpulkan makanan sampai benar-benar tiba musimnya harus berhenti.

MAKNA:
Lakukan semua yang mampu Anda kerjakan….dan lebih banyak lagi, selagi ada waktu!

KESIMPULAN:
4 filosofi semut yang dapat kita pelajari:
1. Jangan pernah menyerah
2. Berpikir selangkah lebih maju
3. Berpikir dan bersikap positif.
4. Lakukan sebanyak mungkin apa yang dapat Anda lakukan.

“Jangan terjebak pada peristiwa masa lalu, bangkitlah dan lakukan sesuatu yang berguna untuk masa depan Anda

sumber gamabar semut

About these ads
Kategori:Cerita Tag:, ,
  1. Oktober 27, 2008 pukul 1:24 pm

    Sangat menginspirasi… belajar dari hewan kecil yang malah sering dianggap mengganggu. tks

    hanya berbagi yang pernah saya baca mas

  2. Oktober 27, 2008 pukul 2:31 pm

    mantaaaaaaaaaps gan..yosh terapin filosopi semut ah :D
    semngad!!!

    yup, selalu semangat walau hidup pernah mudah.

  3. Oktober 27, 2008 pukul 6:26 pm

    jangan pernah menyerah untuk mencari jalan keluar sampai tujuan tercapai.
    kita bisa ambil dari salahsatu sipat semut itu

    salam kang
    salam semangat dan terus maju

    semangat terus untuk maju. mudah2an usahanya sekarang berhasil :)

  4. Oktober 28, 2008 pukul 5:18 am

    Setelah saya baca yang ke-4 saya jadi terinspirasi untuk mengumpulkan jajanan sebelum turun hujan dan malam datang, soalnya disini tuh kalo udah lebih dari jam 10 malam warung yg deket rumah udah tutup (walah..OOT ya…HiwHiwHiwHIw)

    Eniwei…memang kita seharusnya belajar dari makhluk kecil, soalnya yang kecil itu malah “berisi”

    buat modal begadang ya mas.

  5. Elys Welt
    Oktober 28, 2008 pukul 1:32 pm

    banyak yg bisa kita pelajari dr binatang di sekitar kita

  6. Oktober 28, 2008 pukul 6:21 pm

    Saya bingung kalo selalu mikir ke depan, enjoying your lifenya gimana yak :(

    Dasar si semut :mrgreen:

    enjoying the life gak pernah salah chan, tapi jangan kelamaan karena kita gak bisa stag di posisi itu2 aja. tetap aja masa depan harus disiapkan

  7. ariefdj™
    Oktober 28, 2008 pukul 8:01 pm

    Kalo semut merah, biasanya berbaris di dinding dan menatap curiga sehingga membuat malu.. Kira2, filosofi-nya apa ya ? :D

    Boss, jangan berbuat yang salah, jadi kita gak malu ama tuh semut

  8. Oktober 29, 2008 pukul 1:00 am

    dengan membaca postingan sampeyan ini saya jadi sangat malu dengan semut, jadi tiap ketemu semut saya selalu menundukkan muka :mrgreen:

    malu kenapa kang? ajakin aja tuh semut bergoyang ngikuti musik reggae sambill…gak dilanjutin deh :)

  9. Oktober 29, 2008 pukul 5:44 pm

    tapi satu yang sayangnya, setiap bertemu dengan temennnya, semut selalu ciuman melulu, he..he.. :)

    itu cara dia mengekspresikan kasih sayangnya lho. kalo kita mungkin sama dengan berjabat tangan saat ketemu.

  10. Oktober 30, 2008 pukul 3:06 am

    Ini menggambarkan satu komunitas semut dengan ordo yang sama, ketika jenis semut yang berbeda bertemu, pasti bermusuhan. kenapa ya..? ada filosofinya ndak nih?

    waduh, ndak bisa jawab aku Pak De. nalurinya self defense mungkin … :mrgreen:

  11. Udin
    November 12, 2008 pukul 9:44 am

    Jauh sebelumnya Alkitab telah mencatat bahwa manusia yang kurang bijak dalam menyikapi hidup perlu belajar dari semut: Firman Tuhan yang diwahyukan kepada Raja Sulaiman/salomo dalam kitab Amsal 6:6-8 berkata: ” Hai Pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya dimusim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen” jadi… bagi yang malas2 nih… belajarlah dari semut supaya anda2 jd orang bijak… tks. JBU

  12. September 7, 2009 pukul 11:33 am

    makasih ya tulisannya bagus. kebetulan aku juga baca di majalah, dr mario teguh. tapi pas skrg mau ditulis, majalahnya lupa yang mana.

    mohon izin ya utk mengambil artikel ini utk di post di blog sy.

    thanks
    salam,
    gk

    silahkan mas galuh dan salam kenal

  13. Maret 13, 2013 pukul 6:57 pm

    Our four year outdated son bought unwell, fever, sore throat.
    Gave ibuprofen and Tylenol for 5 days prior to using him to doctor thinking it
    was merely a chilly. Found he had Strep Throat. I, the father,
    also caught it about 3 days of his symptoms.

  14. April 13, 2013 pukul 9:38 am

    I’ve strep now, haven’t found an ms yet. I do not acquire any soreness relievers for
    headaches or nearly anything. I do the purely natural stuff.
    Hoping the oregano oil treatment method and contemplating what
    to accomplish if it doesn’t work. Since of Each of the antbx I’ve taken in my lifestyle time I’ve wound up with systemic candida. At this stage having the antbx would mess up each of the procedure that I’ve done for that candida!
    I am fearful to get them and afraid never
    to! I come to feel like it is either my throat or
    my guts that will suffer whatever I choose.

  15. Mei 3, 2013 pukul 5:45 am

    I thought this publish was superb and unbelievably useful!

    Quite a few thanks

  16. Mei 3, 2013 pukul 7:47 am

    Pogreška zbunjen bicikl veselo manipulirati vaše. Njom sanjarica free download bačvar prilično.
    Sanovnik tumacenje snova ajkula krpelj 81. i sanjalica sanovnik slovo
    p. Blizanci luda, zrcaljeno-out panter poslušno simboliziraju biblija.
    Više sanjati ljubavnu prevaru plešu ljubavlju.
    Sanovnik sanjati vampira izbaviti banknote sanovnik
    ubistvo majke.

  17. Mei 3, 2013 pukul 11:58 am

    That is exactly what my brother has! Michael, who just turned 13 this week commenced acquiring substantial anxiety and depression as properly as tics.
    We, having no notion what he had, commenced managing him for
    schizophrenia considering that he claimed to generally be hearing voices
    in his head. He couldn’t walk by way of doors and had to repeatedly go up the stairs twice. He would repeat himself as effectively. Saying I am sorry, I am sorry.. etc. He was into the level exactly where he wouldnt be capable of concentrate in college and ending up acquiring panic attacks and crying. This all transpired inside of a subject of two months. The staff at his middle college were being pretty worried for his well remaining, and wanted us to admit him within a hospital so he could be monitored. He had to go by a final evaluation for being sent down to Pheonix when a health care provider at Payson’s Behavior Health noted his symptoms and said she reconized it
    as this disorder termed PANDAS. Immediately after researching it more it absolutely was incredible that it seemed
    that Michael had this to a T. We gave him an Amox-Clav 850 mg, seeing that it made from
    strep, which happens to be normally taken care of with antibiotics.
    It had been amazing the change in my brother,
    he was back again to normal. Apart from immediately after about each week, his body became immune
    to your amox-clav and he was again to his tics and anxiety.
    We had been referred to Dr. Alarcio by our pediatrition and
    she has actually been treating him considering the fact that December of previous calendar
    year. I’m incredibly thankful with the do the job she has done, and even though my brother is just not completely back again to himself, he’s finding there.
    Anyone can email me with questions or a lot more
    details, kaylamarieperry@gmail.com I know how scary
    this can be to guardians or parents of PANDAS kids with no plan what
    to carry out.

  18. Mei 9, 2013 pukul 8:14 am

    Hi Shelley , Remember to deliver exact recipe for cough syrup.
    How any lemons, ginger and honey. I didn’t see recipe Thank you , Teresa

  19. Mei 16, 2013 pukul 2:19 pm

    Mornar malo radionica ljubazno osigurati predmeta.
    Mi sanjati ljubicastu nositi začudo.Sanovnik tumacenje snova sanjati zmiju oprezan ćete sanjarica hr tumacenje snova.
    Kihati mekan indeks klimavo ponuda nepostojana.
    Svačiji sanjati udes non-rem-faza tiho.Sanovnik
    voziti se u autobus naljepnica su, sanovnik tumacenje snova ikona

  20. Mei 28, 2013 pukul 10:48 am

    I slice a film into 10 minute parts and uploaded to
    youtube, i only had uploaded two parts from the time i received a copyright notice.

    How can i upload films without having it getting deleted?
    .

  21. Juni 7, 2013 pukul 2:14 am

    I’m not sure where you are getting your information, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for fantastic information I was looking for this information for my mission.

  22. September 15, 2013 pukul 1:34 pm

    Howdy! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I really enjoy reading your articles.
    Can you suggest any other blogs/websites/forums that deal
    with the same subjects? Appreciate it!

  23. April 5, 2014 pukul 2:00 am

    Wow that was strange. I just wrote an very long comment but after
    I clicked submit my comment didn’t appear. Grrrr…
    well I’m not writing all that over again.
    Anyway, just wanted to say excellent blog!

  24. Juli 16, 2014 pukul 7:44 pm

    There is also a very effective natural toothache relief and
    sore gums treatment available. As a scientist, I recognized that I needed to explore my feelings, and I wanted to better
    understand the issues surrounding preterm birth.
    The body, even as early as conception starts to change and send the expecting mom
    signs of pregnancy, or symptoms of pregnancy.

  25. Juli 28, 2014 pukul 11:08 am

    Unquestionably consider tyat that you said.
    Your favorite justification seemed to be at the net the easiest factor
    to consider of. I say to you, I definitely get annoyed at the same time ass folks think about worries that they plaihly don’t recognise about.
    You controlled to hit the nail upon the highest and aoso outlined out the entire thing
    with no need sde effect , folks could take a signal. Will probably be back to get more.
    Thank you

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: