Beranda > informasi > Produk teregistrasi BPOM RI

Produk teregistrasi BPOM RI


Untuk mencari informasi mengenai produk yang teregistrasi di BPOM,  teman-teman dapat melakukan crosscheck disitusnya BPOM.

pom1

Klik pada bagian produk terregistrasi.

pom2nah, kita bisa lihat satu per satu produk yang teregistrasi dari tahun 2004 sampai dengan sekarang dengan berbagai kategori yaitu :

  • Obat
  • Obat Tradisional
  • Produk Komplemen
  • Makanan dan Minuman
  • Kosmetika

kita cek produk yang terdaftar 7 hari terakhir.

pom3Selain dengan pengecekan tersebut terdapat fasilitas search untuk mencari produk dengan awalan tertentu atau mengetikkan nama produk. Pada halaman tersebut diatas klik Cari makanan dan minuman.

pom41tuliskan  nama produk seperti Indomie pada kolom “cari”. hasilnya …

pom5Klik salah satu nama produk.

pom6Sayang Banget ya nggak ada fhoto produknya.  mudah2an ini bisa jadi masukan buat BPOM.

Mudah2an bermanfaat sehingga kita bisa terbebas dari mengkonsumsi produk ilegal yang belum terdaftar di Badan POM RI.

About these ads
  1. Maret 2, 2009 pukul 4:06 pm

    produk yang beredar, bisa saja mencantumkan Nomor Regitrasi yang dipalsukan, misalnya Obat Palsu, kosmetik palsu, jamu pals…semua mirip termasuk Registrasi itu dibuat sama. Nah… jadi hati-hati memberi jaminan hanya dengan NO.Registrasi itu.

  2. Maret 2, 2009 pukul 4:09 pm

    Kadang-kadang ada juga masalah teknis. Pabrik mengganti percetakan, maka etiket produk itu bisa berbeda antara cetakan lama dan baru… Gimana yah cara memilih produk yang tepat ?

    Om Limpo, palsu dan tidaknya no registrasi harus kita cek di situsnya BPOM. Jika memang tidak terdaftar kita bisa kok konfirmasi ke BPOM terhadap keabsahan no registrasi tersebut.
    Setahu saya, aturan jika produsen mau merubah label di etiket maka perusahaan tersebut harus melakukan pendaftaran untuk perubahan label yang akan beredar di BPOM tapi no registrasinya tidak berubah lho Pak :) CMIIW

  3. Maret 2, 2009 pukul 11:35 pm

    baca tulisannya ama baca commentnya Pak Limpo jadi bingun dah aku..

    jangan bingung Om Almas, kita sama-sama belajar kok

  4. Maret 4, 2009 pukul 8:09 am

    met kenal aja bro….

    met kenal juga bro, thanks dah mampir

  5. Maret 5, 2009 pukul 11:20 pm

    semakin harus berhati2 dalam memilih produk. bukankah bpom sering banget kecolongan? :(

    kadang kecolongan juga sih makanya kita yang harus hati-hati memilih makanan yang kita konsumsi.

  6. Maret 5, 2009 pukul 11:27 pm

    nice info.
    Biar gak salah memilih…

    semoga bermanfaat :)

  7. Maret 6, 2009 pukul 10:32 am

    obat palsu, kosmetik palsu itu memakai etiket yang sama dengan aslinya…nomor reg. yang sama dengan aslinya….Mas. biasanya yang beda pada kandungan bahan aktifnya yang suka dibawah standar.
    Mereka menjual kepasar dimana barang aslinya beredar…tapi karena harganya menggoda (lebih murah), maka cenderung dipilih oleh penjual eceran … dia bisa dapat untung yang lebih banyak. Kita konsumen mendapat barang tiruan/palsu yang etiket dan kemasannya sama dengan aslinya… Jika anda mau cek ke situs Badan POM anda akan terkecoh sebab memang tampilannya disamakan.

  8. Maret 6, 2009 pukul 10:33 am

    anda punya cara memilih yang asli dan palsu ? bagaimana caranya…

    Asli atau nggak, sekilas akan sama tapi kadang ada perbedaannya. jadi yang biasa beli akan sadar terdapat perbedaan. nah jika dalam kondisi barang yang sama, tapi harga yang sangat jauh berbeda aku lebih safe ambil harga yang lebih mahal, walau itu bukan jaminan lho :)
    biasanya sih barang palsu harganya lebih miring..

  9. Maret 6, 2009 pukul 10:52 pm

    Aku mungkin manusia yang paling sembrono,

    ngaku juga :)

    dalam hal membeli makanan dan minuman ngak pernah cek sana dan sini . Kalo rasanya pahit ato aneh baru saya cek tanggal kadaluwarsanya.. hehehe :lol:

    cek dulu boss, biar nggak keracunan

    @almas : kalo bingung dibalik bajunya

  10. Maret 7, 2009 pukul 6:44 pm

    bentar mas…saya perhatikan sepertinya ada yang salah….
    Blog ku koq ndak ada sertifikasinya dari BPOM RI ya…???

    Bener juga…ya..kadang aku tidak pernah lirik tuh…masuk BPOM atau nggak? Masalahnya kemasan juga bisa di Palsukan. Nah kalau tiba2 sudah di beli…apa iya di balikin?

    Sejauh mana ya…pemantauwan BPOM terhadap product yang saat ini…seperti di jambi buanyak banget tuh product dari negara tetangga…termasuk cemilan. Semua product Snake…coba main ke Tungkal…atau ke Simpang kawat…ada product luar tuh….

    daftarin pak blognya supaya teregistrasi :)
    untuk makanan impornya harusnya ada no ML (jangan salah arti ya pak). kalo illegal ada baiknya berhati-hati

  11. Maret 7, 2009 pukul 6:47 pm

    Haiyah…loe pikir blog guwe makanan apa?

  12. ariefdj™
    Maret 8, 2009 pukul 7:19 pm

    mestinya, pengusaha yang memalsukan label makanan, ngaku2 telah ter-register di bpom, dijatuhi hukuman yang amat sangat berat.. kalo bisa, kena tuduhan berupaya meracuni masyarakat banyak..

    setuju banget pak, soalnya konsumen yang dirugikan :)

  13. ika
    Maret 11, 2009 pukul 6:42 pm

    thanks infonya ya,, saya kurang referensi kalo soal beginian

    sama-sama Mbak

  14. Maret 11, 2009 pukul 8:09 pm

    Gak pake lama, langsung cek TKP. Btw, baru kali ini nemu situs pemerintah yang lengkap ngasih bahannya. Layoutnya masih monoton sih emang :D

    tampilan webnya belum begitu bagus, tapi infonya banyak banget. kayaknya cuma di web ini aja peraturan di share gratis. kalo yang lain seperti SNI, jika ada yang baru paling nongol seminggu lalu di delete. jika perlu harus ke BSN dan bayar Bro

  15. Maret 12, 2009 pukul 2:29 pm

    Nice info :D

    thanks

  16. yaliyajilbaber
    Maret 17, 2009 pukul 1:28 pm

    Dear Fetro, thanx for the information ya and salam kenal ya, sering2 ajah mampir ke blogq (heheh..:-D)

    salam kenal, dan aku pasti mampir :)

  17. ade
    Maret 25, 2009 pukul 12:51 pm

    Thanks for sharing…Fet
    Aku sedih banyak makanan yg aku suka ternyata “bermasalah”..hiks..

  18. April 11, 2009 pukul 8:55 pm

    Aku cek makanan di angkringan sebelah rumahku tidak ada yang terdaftar mas. hehe

  19. April 15, 2009 pukul 1:37 pm

    pagenya kok ga ganti-ganti..
    lagi males posting ya…

    semangat dong FETRO…
    (gw lagi seddih..liverpool my love musti cabut dari arena LC..)

  20. putrarafflesia
    April 25, 2009 pukul 10:12 am

    sepengetahuan saya prodak-prodak yang bermasalah dengan BPOM kebanyakan prodak luar misalnya kosmetik, itu kebanyakan berasal dari cina yang ceritanya mengandung zat yang berbahaya,yang jadi pertanyaan kenapa prodak itu bisa masuk bebas keindonesia??? jadi kira-kira menurut mas siapa yang salah??????

    kalau berbicara siapa yang salah akan menjadi sangat panjang, karena produk tersebut bisa saja masuk secara illegal ke Indonesia. Jadi instansi yang berwenang wajib menjalankan fungsinya secara benar, jika produk tsb terbukti membahayakan tariklah sesegera mungkin, apapun resikonya. untuk konsumen harus lebih hati2, jangan cuma tergiur harga murah. jaman sekarang kadang yang murah yang berbahaya :) CMII

  21. Mei 26, 2009 pukul 9:50 am

    Buat Mas Putraraflesia :
    Produk bermasalah tak ada hubungannya dengan luar atau dalam negeri. Bahkan produk dalam negeri banyak yang sangat beresiko tinggi baik kandungan maupun keasliannya. Jadi sama saja… kita memang sangat butuh perlindungan utamanya dari instansi seperti BPOM atau Lembaga Konsumen.
    Pemalsuan bisa terjadi dan ditemukan pada pengamatan etiket dan kemasan (visual : tetapi ini juga kini jadi sulit karena teknologi cetak-mencetak yang sudah sangat maju, bahkan bisa memakai percetakan yang sama untuk pemalsuan itu, biasanya kasus begini dilakukan orang dalam pabrik yang nakal).
    Pemalsuan dengan mengurangi kandungan hingga menjadi 10% saja juga tega dilakukan, termasuk juga pemalsuan yang benar2 jahat dengan tak punya kandungan yang berkhasiat sama sekali, tetapi namanya juga pemalsuan membuat kita memakai bahan tanta khasiat; bayangkanlah jika itu adalah obat).
    Kejahatan mengganti atau menempel stiker Espire Date pada produk juga sangat berbahaya dan itu juga banyak dilakukan tatkala suatu produk diwajibkan untuk ditarik dari peredaran atau karena sisa yang ekspired itu sangat banyak jumlahnya.. pelaku yang beginian biasanya pada daerah distribusi… tak sampai dimusnahkan produk itu, tetapi malah diganti penandaannya seolah masih jauh masa pakainya.
    Pemakaian bahan berbahaya seperti Logam berat pada Kosmetik biasanya dilakukan pada produk skala kecil yang dengan sedikit dioles wajah langsung putih bersih dalam tempo singkat. Karena peminatnya banyak dan dari kalangan bawah, biasanya sangat laris dan tak diperdulikan resikonya oleh pemakai golongan ini.
    Memang hanya ketegasan Hukuman bagi pelaku yang bisa melindungi konsumen, TETAPI malah disinilah pilah berwajib LEMAH dan LALAI melaksanakan tugasnya.
    Pemeriksaan Laboratorium yang berlama-lama misalnya, bisa membuat produk yang berbahaya itu telah habis dikonsumsi kemudian baru menyusul hasil temuannya secara LAB. Belum lagi setelah ditemukan masih suka pemerintah mengulur waktu untuk menindaki. Bahkan sering memberi tenggang waktu untuk menghabiskannya di pasar.
    Salam

    thanks banyak pak pembahasannya, setuju dengan Bapak :)

  22. Agung
    Mei 28, 2009 pukul 10:10 pm

    Munghin untuk kemudahan mengecek , register dari obat tinggal ketik no register langsung bisa dilihat sesuai enggak dengan produknya, kalo sistem sekarang saya lihat harus melihat mereknya dulu

  23. rido
    September 5, 2009 pukul 1:47 pm

    bisa minta informasikan, apa ada biro jasa yang ngurus ke bpom, untuk ML.

  24. Andy
    November 10, 2009 pukul 9:24 am

    Maaf Sebelumnya..Mau memberikan Saran dan kritikan,keluhan saja kepada BPOM RI tentang registrasi kosmetik yang sistem online,perusahaan mengajukan registrasi,tapi sudah bayar kebank kok Nomor/sertifikat belum bisa diambil,katanya tunggu proses pe 4 bulan lebih. bgmn ini,!!!!!!!!,katanya mengutamakan produk lokal,tapi mengurus registrasi j begitu lama !!!!!,belum klau sistem error.
    Saya memberikan keluhan karena saya juga sedang mengurusi registrasi produk kosmetik. tolong dari sistem online dipercepat..dari operator,evaluator,kaseksi,kasubdit,paid….tapi nomor sertifikat belum bisa diambil…BAGAIMANA INI…!!!!!,belum yang direjted !!!!

  25. Desember 8, 2009 pukul 8:27 pm

    mo nanya, gimana sih cara pembacaan kode BPOM RI? misalkan seperti milik salah satu produsen AMDK yang sudah lama terkenal yaitu BPOM RI MD 249111001228. Apa maksud dari rangkaian huruf dan angka tersebut?
    Mohon penjelasan

    sepertinya pembacaan kode itu yang tau pihak internal BPOM tuh.. belum pernah dapat info tentang pembacaannya..

  26. Januari 11, 2010 pukul 1:31 pm

    BPOM RI tolong kasi info cepat & tepat, saya berjualan produk cap OT (Orang Tua), salah satu produknya ada no.BPOM RI MD 627110066583 TAPI GAK ADA LABEL HALAL.

    saya lihat di http://www.ot.co.id/product_deli_tango.html semua produknya gak ada label halal.

    Sebenernya produk2nya dia halal gak sih?

    nasa, ada baiknya contact distributornya OT untuk minta copy sertifikat halalnya. kalo gak dapat, coba cek di webnya LPPOM MUI untuk cek kehalalannya.
    setau saya, BPOM punya wewenang memperbolehkan pencantuman logo halal atau tidak berdasarkan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh MUI.
    nah yang asyiknya lagi kalo nggak hati2.. belum tentu yang ada logo halalnya benar2 terdaftar sebagai produk halal di MUI lho.
    pusing kan :)

  27. peppy
    Januari 12, 2010 pukul 10:13 am

    akang,teteh saya mau tanya klo dalam produk ada persamaan nomor register gmn??soalnya saya menemukan ada 2 produk dengan nomor register yang sama tp pas dicek ahanya ada satu nama yang keluar…mohon petunjuknya??

    peppy, setau saya tidak mungkin ada 2 produk yang memiliki no registrasi yang sama persis. coba cek lagi deh.
    Bahkan untuk produk yang berasal dari satu perusahaan no registrasi pasti beda apalagi dari 2 perusahaan yang berbeda.
    jika di cek di web BPOm pasti muncul satu… yang satunya lagi nggak ada salahnya berhati2 :)

  28. Februari 18, 2010 pukul 8:57 am

    saya mau bertanya, apa arti kuasi atau kode QD pada register obat atau suplemen? kalau bisa ada penjelasan detail seperti lembaran sertifikasi, senang sekali bila saya bisa mendapatkannya, bisa dikirimkan via email?!
    mungkin masukan untuk situs POM ini, dibuatkan search engine agar masyarakat umum seperti saya bisa browsing langsung tanpa mengganggu waktu bapak-ibu sekalian…
    Terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya. maju terus BPOM Indonesia.

  29. adit
    Maret 13, 2010 pukul 4:38 pm

    ada data persyaratn kandungan AMDK menurut BPOM??????

  30. Maret 25, 2010 pukul 10:59 am

    adit :

    ada data persyaratn kandungan AMDK menurut BPOM??????

    Bro : bukankah ada SNI untuk AMDK dan persyaratan lainnya di peraturanBPOM no 4011 yang diterbitkan BPOM tahun 2009? sepertinya acuan tersebut bisa dipakai. selain itu SNI AMDK sifatnya wajib bukan sukarela.

  31. Tius
    April 19, 2010 pukul 5:12 pm

    wah fasilitas verifikasi dr BPOM ini sangat diperlukan. Mungkin bisa diperbarui search melalui kode teregistrasi POM nya, biar lbh mudah.

  32. Bachtiar
    Juni 3, 2010 pukul 2:10 am

    Pak/Bu, saya banyak dapatkan produck2 di pasaran dan saya cari apakah sudah masuk atau belum di BPOM kok banyak yang gak ada ya?? apakah memang BPOM belum mengeluarkan ijinnya atau memang web ini tidak update??
    saya setuju sama pak tius supaya seachingnya dengan kode BPOMnya??jadi tidak bingung??

  33. Juni 28, 2010 pukul 1:20 pm

    webnya mungkin tidak update Pal.
    Mungkin bisa contact pihak BPOM untuk kepastiannya…

  34. Endang
    Juli 13, 2010 pukul 2:22 pm

    Saya mau bertanya apakah untuk satu merk dengan ukuran volume dan berasal dari perusahaan yang sama tetapi beda lokasi pabrik boleh hanya memiliki satu No BPOM RI MD yang sama?

  35. Juli 13, 2010 pukul 3:26 pm

    Endang : Setahu saya boleh, karena di BPOM ada istilah single MD untuk produk yang sama yang diproduksi di pabrik yang berbeda. Jika tidak diperbolehkan pasti industri akan kesulitan untuk maintain stock RM dlsb.
    Correct me if i’m wrong.

  36. Jusuf
    September 4, 2010 pukul 6:45 pm

    Saya mau tanya sekarang kok ga ada data untuk minuman dan makanan untuk tahun 2004 dan tahun sebelumnya? kenapa ya? untuk dapatkan nya bagaimana ya? Terima kasih

  37. redzta
    September 20, 2010 pukul 11:17 pm

    iya niyh, saya mau beli kosmetik tapi aq cek pomnya ga teregister,
    ini nomernya POM CD 1004700439 produk kosmetik kategori skin whitening..tolong dibantu yah ^_^

  38. moe
    Desember 8, 2010 pukul 8:45 pm

    Pak mau tanya, saya baca di beberapa info net tentang kode BML untuk produk registrasi bpom kok agak2 simpang siur ya. mohon info yang lengkap. makasih

  39. ry
    Maret 1, 2011 pukul 11:40 am

    Salam kenal,
    Suka deh ma postingannya :)
    Btw mau tanya, apa arti teregistrasi BPOM? Jadi kalau produk sudah teregistrasi BPOM berarti 100% aman begitu?
    Lalu kalau mau tau tentang seluk beluk registrasi BPOM, bisa didapat dari mana ya infonya? Seperti prosedur registrasinya dll.
    Terima kasih.

  40. Maret 3, 2011 pukul 12:02 pm

    ry :

    Salam kenal,
    Suka deh ma postingannya :)
    Btw mau tanya, apa arti teregistrasi BPOM? Jadi kalau produk sudah teregistrasi BPOM berarti 100% aman begitu?
    Lalu kalau mau tau tentang seluk beluk registrasi BPOM, bisa didapat dari mana ya infonya? Seperti prosedur registrasinya dll.
    Terima kasih.

    secara umum kalo produk yang sudah terregister Badan POM berarti sudah memenuhi persyaratan keamanan pangan. dengan catatan produsennya jujur lho…

  41. Maret 12, 2011 pukul 1:19 am

    bagi mana dengan produk yang ada dijambi beredar dengan bebas seperti produk mlm yang bergerak dibidang kosmetik kecantikan,yang lebih suka memasarkan produk nya dikalangan masyarakat desa seperti daerah teran,dan kampung -kampung yang jauh dari impormasi,secara detil tentang kosmetik masyarakt awam adalah jadi target sasaran,bagi para sales hal ini bayak terdapat di provinsi jambi,karna bali POM JAMBI kurang menjalakan pungsi dan tugas,nya seperti sangat bayak nya produk makan dan minuman luara, beredar dipasaran provinsi jambi masih ada yang belum terdaftar diINDONESIA,KAMI LSM PENGAWASAN RANCANGAN SETUDY ANALISA KEBIJAKN DAN ANTI KORUSI yang berada di jambi sering menyampaikan kepada pihak Balai POM RI dijambi kuarang merespon positif,ada apa dengan Bali POM JAMBI seperti ada produk minuman keras yang memproduksi minuman di jambi pada tahun 2008 produk ini merenggut bayak korban bagi yang mengkumsumsi produk minuman tersebut,namum pada tahun 2010 justeru mendapat dukungan positif produk tersebut untuk diproduksi kembali,bagai mana kajian dan penelitian BalaiPOM JAMBI dan dinas perdagangan RI jambi ,agar dikajiulang tentang produk ini,terimaksi Kepad KEPALA BALAI POM RI untuk di usut tuntas hal ini,setatus perizian nya” dari Arfani lsm jambi

  42. Maret 12, 2011 pukul 1:25 am

    Arfani :
    bagi mana dengan produk yang ada dijambi beredar dengan bebas seperti produk mlm yang bergerak dibidang kosmetik kecantikan,yang lebih suka memasarkan produk nya dikalangan masyarakat desa seperti daerah teran,dan kampung -kampung yang jauh dari impormasi,secara detil tentang kosmetik masyarakat awam adalah jadi target sasaran,bagi para sales hal ini bayak terdapat di provinsi jambi,karna balai POM JAMBI kurang menjalakan pungsi dan tugas,nya seperti sangat bayak nya produk makan dan minuman luara, beredar dipasaran provinsi jambi masih ada yang belum terdaftar diINDONESIA,KAMI LSM PENGAWASAN RANCANGAN SETUDY ANALISA KEBIJAKN DAN ANTI KORUSI yang berada di jambi sering menyampaikan kepada pihak Balai POM RI dijambi kurang merespon positif,ada apa dengan Bali POM JAMBI seperti ada produk minuman keras yang memproduksi minuman di jambi pada tahun 2008 produk ini merenggut bayak korban bagi yang mengkumsumsi produk minuman tersebut,namum pada tahun 2010 justru mendapat dukungan positif produk tersebut untuk diproduksi kembali,bagai mana kajian dan penelitian BalaiPOM JAMBI dan dinas perdagangan RI jambi ,agar dikajiulang tentang produk ini,terimaksi Kepad KEPALA BALAI POM RI untuk di usut tuntas hal ini,setatus perizian nya” dari Arfani lsm jambi

  43. Maret 12, 2011 pukul 1:39 am

    BAGIMAN BAPAK KEPALA BALAI POM RI TENTANG PRODUK YANG XSPAYER YANG BERDAR DISULAYAN DAN MIMARKET DIPROVINSI JAMBI KURANG MENDAPTKAN PERHATIAN YANG SERUS PAK ??SEPERTI BISKUWIT MAKANAN RINGAN SUSU CAIR SERING TERJADI KONDUMEN MEBELI DI SUPERMAKET BERTAHAP LOKAL DI JAMBI,MENEMUKAN PRODUK XSFAYER,APA KAH PEMBIYARAN PRODUK SEPERTI INI HAL YANG LAZIM BAGI BALAI POM,

  44. Duwi
    Maret 23, 2011 pukul 3:48 pm

    iya niyh, saya mau beli kosmetik tapi aq cek pomnya ga teregister,
    ini nomernya POM CD 1004700439 produk kosmetik kategori skin whitening..tolong dibantu yah ^_^

  45. tata
    April 10, 2011 pukul 5:09 pm

    iya untuk produk whitening POM CD 1004700439 mohon d tindak lanjuti kejelasannya.dikarenakan bnyk ny konsumen yang sudah membeli produk ini yang mengklaim tnap merkuri dan sudah terdaftar POM.stlh d ricek BPOM tidak ditemukan data sama sekali atas barang tersebut.terima kasih.semoga dapat d respon dengan cepat.

  46. tee
    April 14, 2011 pukul 10:38 am

    @tata n Duwi coba aja dicek di websitenya bpom.go.id d produk teregister, kedua produk tsb dah ada koq di daftar regstrasinya, dah q cek ada. tapi ga da nma produsennya
    nice blog, thanks postingannya, sangat mbantu

  47. April 14, 2011 pukul 11:12 am

    tee :

    @tata n Duwi coba aja dicek di websitenya bpom.go.id d produk teregister, kedua produk tsb dah ada koq di daftar regstrasinya, dah q cek ada. tapi ga da nma produsennya
    nice blog, thanks postingannya, sangat mbantu

    tee : thanks udah membantu jawab.
    buat yang lain yang berkunjung : soal update atau tdknya data produk terregistrasi terus terang itu saya tidak banyak tau, kenapa info ini saya buat jadi tulisan hanya karena saya merasa ini cukup membantu. kalo ada keraguan terhadap suatu produk silahkan hubungi langsung kantor BPOM terdekat ya.

  48. mainaisfiet
    September 14, 2012 pukul 11:32 am

    id64all

  49. Maulid Akbar
    Januari 13, 2013 pukul 8:16 pm

    Mas kalo mau ngedaftarin produk kita ke BPOM gimana tuh caranya? Terus kira-kira mengeluarkan biaya berapa buat proses pendaftarannya? Makasih.

  50. Februari 10, 2013 pukul 9:12 pm

    Most of whatever you articulate is astonishingly legitimate and
    that makes me wonder the reason why I had not looked at
    this in this light before. This article really did turn the light on for me
    personally as far as this specific subject goes.
    Nonetheless there is 1 point I am not necessarily too comfy with and
    while I try to reconcile that with the actual main theme
    of the position, let me observe what all the rest of your
    readers have to say.Nicely done.

  51. Maret 25, 2013 pukul 7:11 pm

    Whats up very cool site!! Guy .. Excellent .. Amazing
    .. I will bookmark your site and take the feeds also? I am
    happy to search out so many helpful information right here within the post, we’d like work out more strategies in this regard, thank you for sharing. . . . . .

  52. bymnAnymn
    Mei 24, 2013 pukul 4:35 am

    Hi,

    Thanks for this…

  53. Mei 24, 2013 pukul 8:51 am

    Why visitors still make use of to read news papers
    when in this technological globe everything is
    existing on web?

  54. yuni
    Juli 9, 2013 pukul 6:54 pm

    Selamat malam,,,saya yuni, ingin bertanya, bagaimana tata cara sebuah sistem bisnis MLM mendafrakan produknya, terutama produk obat-oabatn dan jenis obat-obatan apa saja yang bisa di pasarkan melalui sistem bisnis MLM ini
    makasi sebelumnyaa

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: